Friday, October 13, 2023

Tujuh Romo Baru

Salah satu acara yang cukup menghadirkan kegembiraan di Domus diberi nama PESTA. Pesta itu ditandai dengan makan dengan menu khusus. Biasanya Domus menghadirkan catering. Bahkan biasanya juga ada menu bakso yang didatangkan secara khusus. Dalam hal ini yang mendapatkan tanggungjawab adalah Rm. Bambang untuk mengupayakan dana. Tetapi dalam pelaksanaan yang mengurus adalah Bu Rini. Pesta diadakan untuk merayakan ulang tahun imamat masing-masing romo penghuni. Perayaan Misa Malam Paskah dan Malam Natal juga diikuti dengan makan bersama. Secara kecil-kecilan ini juga termasuk hari Pembaharuan Janji Imamat sebelum Kamis Putih. Itu semua yang biasa terjadi. Tetapi pada Kamis 12 Oktober 2023 terjadi pesta di luar kebiasaan.


Pada Kamis itu Domus Pacis St. Petrus mengundang para imam baru Keuskupan Agung Semarang yang ditahbiskan pada 15 Agustus 2023 di Seminari Tinggi Kentungan. Mereka berjumlah 7 orang : Rm. Kartono, Rm. Lilik, Rm. Koko, Rm. Dictus, Rm. Hananto, Rm. Seto, dan Rm. Arief. Inilah yang membuat Misa Komunitas Domus, yang biasanya dimulai pada jam 17.30, diajukan 30 menit sehingga dimulai pada jam 17.00. Ketika pelaksanaan, panti imam memang kelihatan megah. Tujuh imam berkonselebrasi memimpin Misa. Meja altar, yang biasanya dipakai romo sepuh memimpin Misa dengan berkursi roda, disingkirkan. Altar batu hitam yang disediakan bersama bangunan Domus menjadi arena para romo baru menampakkan diri jadi tanda kehadiran perjamuan Tuhan. Para romo Domus bersama tamu, karyawan, dan relawan menjadi umat. Sesusai Misa pesta santap malam bersama terjadi di aula. 

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...