Thursday, October 26, 2023

Hari Pertama Rm. Bambang

Ketika tahu pada pagi 24 Oktober 2023 bahwa Rm. Bambang sore akan keluar, Rm. Suntara bertanya "Arep neng ngendi?"(Akan kemana?). Ketika Rm. Bambang menjawab "Neng Pringgolayan" (Ke Pringgolayan), Rm. Suntara berkata lagi "Lho, biasane Slama keempat ta?" (Bukankah biasanya Selasa keempat?). Tetapi ketika diingatkan bahwa hari itu adalah Selasa keempat dalam bulan, Rm. Suntarapun jadi maklum. Setiap Selasa keempat Rm. Bambang biasa ke Paroki Pringgolayan. Dia mempunyai acara rutin mendampingi Kelompok Jagongan Iman. Itu adalah kelompok lansia yang berkumpul untuk penyegaran pemahaman agama dengan landasan Katekismus Gereja Katolik.

Tetapi bagi Rm. Bambang kepergian hari itu menjadi peristiwa khusus. Untuk setiap acara keluar dia biasa memberi informasi lebih dahulu kepada Rm. Hartanta, direktur Domus Pacis Santo Petrus. Kalau acara itu sudah diketahui cukup lama sebelumnya, Rm. Bambang biasa memberi tahu sebulan sebelumnya. Hal ini penting karena berkaitan dengan penjadualan petugas memimpin Misa Komunitas, tetapi juga berkaitan dengan kesiagaan menerima tamu kalau ada rombongan datang. Maklumlah, Rm. Hartanta memiliki banyak tugas selain sebagai direktur Domus. Kalau pergi luar, Rm. Hartanta biasa minta Rm. Bambang melakukan penerimaan Komuni dalam Misa dan atau memandu pertemuan para romo dengan rombongan tamu pengunjung. Tetapi bahwa acara Rm. Bambang keluar pada Selasa 24 Oktober 2023 menjadi peristiwa khusus bagi dia, karena ketika memberi informasi sebulan sebelumnya Rm. Hartanta bertanya "Sampun kiat?" (Apakah Anda sudah kuat?) yang dijawab "Sampun" (Sudah). Maklumlah, pada bulan September 2023 Rm. Bambang berada dalam kondisi pemulihan kesehatan. Pada tanggal 26 Agustus 20223 dia masuk Rumah Sakit Panti Rapih bahkan selama 8 hari harus dirawat di Ruang ICU. Sekalipun tanggal 5 September 2023 malam sudah pulang Domus, dia masih harus kembali kontrol ke 3 orang dokter. Dengan latar belakang kondisi seperti inilah maka layak kalau Rm. Bambang keluar Domus hanya ketika kontrol dokter. Dengan demikian, peristiwa Selasa keempat Oktober 2023 merupakan hari pertama Rm. Bambang keluar Domus sejak sakit  untuk pelayanan iman. 

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...