Tuesday, October 10, 2023

Lamunan Pekan Biasa XXVII

Rabu, 11 Oktober 2023

Lukas 11:1-4

1 Pada suatu kali Yesus sedang berdoa di salah satu tempat. Ketika Ia berhenti berdoa, berkatalah seorang dari murid-murid-Nya kepada-Nya: "Tuhan, ajarlah kami berdoa, sama seperti yang diajarkan Yohanes kepada murid-muridnya." 2 Jawab Yesus kepada mereka: "Apabila kamu berdoa, katakanlah: Bapa, dikuduskanlah nama-Mu; datanglah Kerajaan-Mu. 3 Berikanlah kami setiap hari makanan kami yang secukupnya 4 dan ampunilah kami akan dosa kami, sebab kamipun mengampuni setiap orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, ada gambaran bahwa doa memang menjadi utama dalam beragama. Ada doa syukur ada doa permohonan.
  • Tampaknya, doa syukur berkaitan dengan kenikmatan yang dialami. Doa permohonan berisi permintaan pemenuhan keinginan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun kenikmatan dan keinginan bisa mengisi doa dengan rasa syukur atau dengan permohonan, orang dalam doa pertama-tama merasakan perjumpaan dengan asal kehidupan sejati yang penuh dengan kasih. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati ketika berdoa orang menyadari hubungan dengan Tuhan bagaikan dengan orangtua yang penuh kasih.   

Ah, dalam doa orang menyadari diri hanya ciptaan di hadapan Tuhan.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...