Monday, October 30, 2023

Lamunan Pekan Biasa XXX

Selasa, 31 Oktober 2023

Lukas 13:18-21

18 Maka kata Yesus: "Seumpama apakah hal Kerajaan Allah dan dengan apakah Aku akan mengumpamakannya? 19 Ia seumpama biji sesawi, yang diambil dan ditaburkan orang di kebunnya; biji itu tumbuh dan menjadi pohon dan burung-burung di udara bersarang pada cabang-cabangnya." 20 Dan Ia berkata lagi: "Dengan apakah Aku akan mengumpamakan Kerajaan Allah? 21 Ia seumpama ragi yang diambil seorang perempuan dan diadukkan ke dalam tepung terigu tiga sukat sampai khamir seluruhnya."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, dunia Tuhan itu misteri. Orang tak dapat memahaminya.
  • Tampaknya, alam Tuhan itu adalah keabadian. Di situ tak ada suasana perubahan dan pergantian seperti alam manusia di dunia ini.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun alam ilahi bercorak misteri dan abadi, orang yang terbuka pada nurani akan mengalami aura kuasa Tuhan dalam kehidupan kongkret manusia. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati kuasa Tuhan justru hadir di tengah manusia dalam segala dinamika hariannya.

Ah, bagaimanapun Tuhan itu bertahta di surga jauh dari alam manusia.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...