Wednesday, October 25, 2023

Lamunan Pekan Biasa XXIX

Kamis, 26 Oktober 2023

Lukas 12:49-53

49 "Aku datang untuk melemparkan api ke bumi dan betapakah Aku harapkan, api itu telah menyala! 50 Aku harus menerima baptisan, dan betapakah susahnya hati-Ku, sebelum hal itu berlangsung! 51 Kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi? Bukan, kata-Ku kepadamu, bukan damai, melainkan pertentangan. 52 Karena mulai dari sekarang akan ada pertentangan antara lima orang di dalam satu rumah, tiga melawan dua dan dua melawan tiga. 53 Mereka akan saling bertentangan, ayah melawan anaknya laki-laki dan anak laki-laki melawan ayahnya, ibu melawan anaknya perempuan, dan anak perempuan melawan ibunya, ibu mertua melawan menantunya perempuan dan menantu perempuan melawan ibu mertuanya."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, ada gambaran bahwa dalam Tuhan ada kedamaian. Dengan tekun menjalani agama orang akan dekat Tuhan.
  • Tampaknya, ada gambaran bahwa dengan menjalani tatanan agama orang akan mesra berhubungan dengan Tuhan. Hidupnya akan penuh dengan kedamaian.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun dalam Tuhan orang akan memiliki keterbukaan dengan siapapun, kalau hidupnya setia kepada nurani, dengan orang serumahpun bisa mengalami hidup penuh pertentangan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan selalu siaga berhadapan berbagai tantangan dan ancaman sekalipun di rumah dan lingkungan sendiri.  

Ah, kalau ikut Tuhan akan damai dengan siapapun.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...