Tuesday, October 24, 2023

Paling Kerap ke Domus

Sebagai rumah para romo sepuh, Domus Pacis Santo Petrus berada dalam kompleks Seminari Tinggi Santo Paulus. Lebih dari itu, ada lorong yang menghubungkan Domus dan Seminari Tinggi. Pada bulan-bulan pertama Seminari Tinggi memang membantu Domus untuk urusan makan tiga kali sehari dan snak serta tumpangan ruang untuk tenaga Domus mencuci dan mensetrika pakaian para romo Domus. Memang, mulai dengan September 2021 Domus mengurus sendiri snak dan kemudian mulai Desember 2021 untuk makan malam. Baru sesudah dua tahun lebih makan sehari tiga kali dilakukan sendiri oleh Domus dengan tenaga khusus mulai Oktober 2023.

Tetapi hubungan antara Seminari dan Domus tetap ada. Secara institusional Seminari Tinggi melayani Misa Komunitas Domus pada setiap hari Senin sore. Ini dimulai beberapa bulan lalu pada tahun 2023 ini. Pada saat seperti itu ada romo dari Seminari memimpin Misa Domus. Biasanya ada dua orang frater menyertainya. Frater menyiapkan alat Misa dan menjadi lektor. Berkaitan dengan romo Seminari yang mendapatkan giliran bagi Rm. Bambang ada yang menarik. Sejauh diperhitungkan oleh Rm. Bambang yang kini paling banyak datang melayani Misa Domus adalah Rm. Simon Cipto Suwarno SJ. Di antara para romo Seminari beliau adalah penghuni terbaru di Seminari. Beliau baru beberapa bulan bertugas di Seminari sebagai Wakil Minister seusai 17 tahun bertugas di Papua. Dalam hal usia beliau adalah romo tertua. Kalau semua romo Seminari pernah mengunjungi Domus, Rm. Cipto adalah yang paling kerap. Beliau kerap datang pada pagi hari dan masuk menyapa para romo Domus di kamar masing-masing. Di kamar Rm. Bambang beliau kerap duduk di kasur tempat tidur dan asyik omong ini itu. 

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...