Thursday, October 5, 2023

Lamunan Pekan Biasa XXVI

Jumat, 6 Oktober 2023

Lukas 10:13-16

13 "Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung. 14 Akan tetapi pada waktu penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan dari pada tanggunganmu. 15 Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati! 16 Barangsiapa mendengarkan kamu, ia mendengarkan Aku; dan barangsiapa menolak kamu, ia menolak Aku; dan barangsiapa menolak Aku, ia menolak Dia yang mengutus Aku."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, seorang pewarta iman dapat dianggap memiliki pengetahuan agama lebih daripada umat umum. Dia masuk deretan tokoh agama.
  • Tampaknya, seorang pewarta iman dapat dianggap sukses karena dapat menghasilkan baptisan baru. Makin banyak yang dibaptis makin dipandang hebatlah dia.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun karena pengajarannya mampu menambah jumlah anggota agamanya, seorang pewarta iman sejati tidak akan merasa jumawa karena sadar bahwa dia adalah alat Tuhan mewartakan kebaikan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati seorang pewarta iman menjadikan diri sebagai loudspeaker suara kehendak Tuhan.

Ah, yang namanya pewarta iman pasti akan dihormati banyak umat.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...