Monday, October 23, 2023

Lamunan Pekan Biasa XXIX

Selasa, 24 Oktober 2023

Lukas 12:35-38

35 "Hendaklah pinggangmu tetap berikat dan pelitamu tetap menyala. 36 Dan hendaklah kamu sama seperti orang-orang yang menanti-nantikan tuannya yang pulang dari perkawinan, supaya jika ia datang dan mengetok pintu, segera dibuka pintu baginya. 37 Berbahagialah hamba-hamba yang didapati tuannya berjaga-jaga ketika ia datang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia akan mengikat pinggangnya dan mempersilakan mereka duduk makan, dan ia akan datang melayani mereka. 38 Dan apabila ia datang pada tengah malam atau pada dinihari dan mendapati mereka berlaku demikian, maka berbahagialah mereka.

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, orang yang hidupnya terus serius sering disebut tidak normal. Hidup harus memiliki saat santai.
  • Tampaknya, orang memang membutuhkan saat istirahat. Apapun dilepaskan dari pikiran, perasaan, dan kegiatan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun raga membutuhkan saat santai untuk segar, kesegaran jiwa membutuhkan kesiagaan terus menerus agar mengalami ketenangan diri menghadapi apapun. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sadar kalau kesiagaan batin terjaga orang akan mengalami Tuhan yang harus disembah menjadi pelayanan kebahagiaan.

Ah, selamanya orang harus melayani Tuhan dan bukan sebaliknya.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...