Monday, October 16, 2023

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Ignasius dari Antiokhia, Uskup dan Martir

Selasa, 17 Oktober 2023

Lukas 11:37-41

37 Ketika Yesus selesai mengajar, seorang Farisi mengundang Dia untuk makan di rumahnya. Maka masuklah Ia ke rumah itu, lalu duduk makan. 38 Orang Farisi itu melihat hal itu dan ia heran, karena Yesus tidak mencuci tangan-Nya sebelum makan. 39 Tetapi Tuhan berkata kepadanya: "Kamu orang-orang Farisi, kamu membersihkan bagian luar dari cawan dan pinggan, tetapi bagian dalammu penuh rampasan dan kejahatan. 40 Hai orang-orang bodoh, bukankah Dia yang menjadikan bagian luar, Dia juga yang menjadikan bagian dalam? 41 Akan tetapi, berikanlah isinya sebagai sedekah dan sesungguhnya semuanya akan menjadi bersih bagimu. 

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, untuk menjalani agama orang akan menemukan beberapa aturan. Itu bisa berupa rumusan yuridis dan bisa merupakan adat kebiasaan.
  • Tampaknya, dalam tata aturan orang menemukan apa yang harus dilakukan dan apa yang dilarang. Untuk menjalani adat kebiasaan ada tindakan tertentu pada hari atau bulan tertentu.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun dalam menjalani aturan dan kebiasaan agama ada pedoman perilaku, orang akan pertama-tama membangun dan mengembangkan sikap hati. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati dalam hidup beragama orang pertama-tama akan menata sikap batin yang pada gilirannya akan terungkap dan terwujud dalam perbuatan.

Ah, beragama itu yang paling pokok menjalani apapun yang diatur.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...