Friday, May 19, 2023

Lamunan Pekan Paskah VI

Sabtu, 20 Mei 2023

Yohanes 16:23b-28

23b Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku. 24 Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatupun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu. 25 Semuanya ini Kukatakan kepadamu dengan kiasan. Akan tiba saatnya Aku tidak lagi berkata-kata kepadamu dengan kiasan, tetapi terus terang memberitakan Bapa kepadamu. 26 Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa, 27 sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah. 28 Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; Aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, mayoritas kegiatan dalam hidup beragama adalah doa. Orang beragama banyak melakukan doa baik secara pribadi maupun bersama.
  • Tampaknya, tampaknya dalam doa banyak berisi permohonan. Kalau punya keinginan tertentu orang mengajukan doa permohonan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun kerap mengajukan permintaan kepada Tuhan dalam hati, sesungguhnya orang bisa belum pernah melakukan doa permohonan yang sejatinya berisi hal-hal yang sudah dibicarakan dengan relung hati. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sadar bahwa doa permohonan berisi kebutuhan yang sesuai dengan suara nurani.

Ah, doa permohonan itu jelas berisi keinginan.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...