Tuesday, May 16, 2023

Lamunan Pekan Paskah VI

Rabu, 17 Mei 2023

Yohanes 16:12-15

12 Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya. 13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. 14 Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku. 15 Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, orang Kristiani percaya akan Roh Kudus sebagai daya ilahi. Roh Kudus dipercaya sebagai daya hidup sejati manusia.
  • Tampaknya, orang memiliki kemampuan atau bakat karena anugrah Roh Kudus. Itu disebut sebagai karunia-karunia Roh.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun Roh Kudus diyakini sebagai penghadir karunia kemampuan atau talenta atau bakat, di dalam diri manusia Roh Kudus terutama adalah suara dan cahaya hidup baik dan benar yang bersemayam dalam relung hati manusia. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan sadar apapun keadaannya setiap orang mendapatkan anugrah menjadi bait Roh.

Ah, Roh Kudus itu adalah kekuatan orang untuk membuat mukjizat.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...