Sunday, May 28, 2023

Mars Keuskupan Agung Semarang


Setiap Jumat pagi jam 05.30 di Kapel Domus Pacis St. Petrus selalu mulai terdengar suara Misa pagi. Ini sudah berlangsung sejak tahun 2021 sesudah para romo dari Domus Pacis Puren pindah dari Pringwulung dan pindah menempati Domus Pacis Santo Petrus Kentungan. Tetapi itu bukan Misa Komunitas Domus Pacis St. Petrus. Misa Komunitas Domus biasa terjadi setiap sore pada jam 17.30 dari Senin sampai dengan Sabtu. Yang terjadi pada Jumat pagi adalah Misa para frater Seminari Tinggi Santo Paulus yang dipimpin oleh romo dari Seminari. Kelompok yang ikut Misa Jumat pagi bisa berasal dari salah satu kelas dan bisa dari sesama asal Keuskupan Agung Semarang. 

Misa Jumat 26 Mei 2023 diikuti oleh para frater calon imam praja Keuskupan Agung Semarang dari tingkat pertama hingga akhir. Mereka mendapatkan nama Unio Kecil. Sebenarnyata Unio adalah persaudaraan para romo praja atau diosesan. Mereka akan disebut Unio dengan tambahan nama Keuskupannya. Di Keuskupan Agung Semarang (KAS) persaudaraan para imam praja disebut Unio KAS. Kalau kemudian ada Unio Kecil, itu menunjukkan persaudaraan calon romo praja. Misa Jumat itu bagi para romo sepuh Domus Pacis walaupun lewat peristiwa kecil memberikan nuansa khusus yang beda dari pada biasanya. Seusai Misa, yang dipimpin oleh Rm. Ari rektor Seminari, berdiri berjajar di ruang makan. Mereka menghadap ke para romo yang baru saja berdoa pembukaan makan. "Para romo, selamat pagi dan berkah Dalem. Kami akan menyanyikan lagu Mars Keuskupan Agung Semarang" salah satu frater memberikan pengantar. Kemudian mereka menyanyikannya dengan bersemangat. Menyaksikan itu para romo Domus tampak berbinar wajahnya.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...