Monday, May 15, 2023

Lamunan Pekan Paskah VI

Selasa, 16 Mei 2023

Yohanes 16:5-11

5 tetapi sekarang Aku pergi kepada Dia yang telah mengutus Aku, dan tiada seorangpun di antara kamu yang bertanya kepada-Ku: Ke mana Engkau pergi? 6 Tetapi karena Aku mengatakan hal itu kepadamu, sebab itu hatimu berdukacita. 7 Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu. 8 Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; 9 akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku; 10 akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi; 11 akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum. 

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, di dunia ini yang namanya penghakiman berkaitan dengan dunia pengadilan. Penghakiman adalah proses menemukan keadilan.
  • Tampaknya, dalam proses peradilan hakim akan meneliti benar atau salah seseorang. Yang melanggar ketentuan hukum akan kena hukuman.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun di mata hukum tidak memiliki kesalahan apapun, kalau hidupnya dikuasai oleh kenikmatan-kenikmatan duniawi, orang bisa terbelenggu oleh tindakan yang membuatnya tidak bebas menampakkannya di hadapan orang lain. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan hidup di tengah dunia dengan pegangan landasan tatanan yang dihadirkan oleh hati nurani.

Ah, kalau bisa menguasai kedudukan kenegaraan, orang pasti akan bebas dalam bertindak.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...