Friday, May 12, 2023

Lamunan Pekan Paskah V

Sabtu, 13 Mei 2023

Yohanes 15:18-21

18 "Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu. 19 Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu. 20 Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu. 21 Tetapi semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena nama-Ku, sebab mereka tidak mengenal Dia, yang telah mengutus Aku.

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, orang dapat berkeyakinan bahwa kalau hidupnya baik dia jadi orang-Nya Tuhan. Inilah hidup beriman yang bisa diyakini menghadirkan kedamaian.
  • Tampaknya, karena kebaikannya orang beriman akan mengalami keselamatan. Dia akan dibebaskan dari berbagai macam konflik.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun ada kedamaian batin dalam hidup beriman, karena bersumber pada kemesraan dengan yang ilahi dalam relung hati, orang akan mudah mengalami tidak disukai bahkan dibenci oleh orang-orang yang meletakkan kepuasan hidup pada nafsu lahiriah duniawi. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang siaga akan berseberangan dengan kaum materialistik.

Ah, yang baik itu ya yang tiada musuh.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...