Sunday, May 14, 2023

Lamunan Pekan Paskah VI

Senin, 15 Mei 2023

Yohanes 15:26-16:4a

26 Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. 27 Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku." 

1 "Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak Aku. 2 Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah. 3 Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku. 4a Tetapi semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya apabila datang saatnya kamu ingat, bahwa Aku telah mengatakannya kepadamu."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, tak sedikit orang yakin bahwa agama adalah sumber kedamaian. Kekacauan termasuk konflik datang dari yang jauh dari agama.
  • Tampaknya, tak sedikit orang yakin bahwa dengan tekun beragama orang akan menjadi sosok yang damai. Hidupnya juga menjadi pembawa kedamaian bagi orang lain.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun taat kepada agama dan tekun menjalaninya, kalau dalam penghayatan terlalu terpusat pada aturan dan tatacara lahiriah, orang bisa menjadi ancaman bahkan bencana bagi yang hidup dalam tuntunan Roh yang biasa dijumpainya dalam kebiasaan bergaul dengan relung hati. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan siaga mendapatkan reaksi keras dari agamawan yang legalistik tak terbuka pada perkembangan situasi hidup dan budaya setempat.

Ah, agamawan tak akan bertindak brutal.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...