Saturday, November 20, 2021

Lamunan Haria Raya

Tuhan Kita Yesus Kristus Raja Semesta Alam

Minggu, 21 November 2021

Yohanes 18:33-37

33 Maka kembalilah Pilatus ke dalam gedung pengadilan, lalu memanggil Yesus dan bertanya kepada-Nya: "Engkau inikah raja orang Yahudi?" 34 Jawab Yesus: "Apakah engkau katakan hal itu dari hatimu sendiri, atau adakah orang lain yang mengatakannya kepadamu tentang Aku?" 35 Kata Pilatus: "Apakah aku seorang Yahudi? Bangsa-Mu sendiri dan imam-imam kepala yang telah menyerahkan Engkau kepadaku; apakah yang telah Engkau perbuat?" 36 Jawab Yesus: "Kerajaan-Ku bukan dari dunia ini; jika Kerajaan-Ku dari dunia ini, pasti hamba-hamba-Ku telah melawan, supaya Aku jangan diserahkan kepada orang Yahudi, akan tetapi Kerajaan-Ku bukan dari sini." 37 Maka kata Pilatus kepada-Nya: "Jadi Engkau adalah raja?" Jawab Yesus: "Engkau mengatakan, bahwa Aku adalah raja. Untuk itulah Aku lahir dan untuk itulah Aku datang ke dalam dunia ini, supaya Aku memberi kesaksian tentang kebenaran; setiap orang yang berasal dari kebenaran mendengarkan suara-Ku."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, di dalam hidup bernegara adalah wajar kalau ada persaingan antar para tokoh politik untuk meraih kekuasaan. Dengan kekuasaan orang merasa dapat memerintah amat banyak orang lain.
  • Tampaknya, orang dapat saja berjuang menjatuhkan siapapun yang bisa menjadi penghalang untuk meraih kekuasaan. Tetapi setiap pesaing juga memiliki kekuatan untuk mengkonter menjadi pembela.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun dalam kehidupan kongkret apalagi dalam bernegara persaingan memperebutkan dan mempertahankan kekuasaan adalah wajar, kekuasaan sejati tidak terkait dengan kedudukan sosial karena merupakan daya penghadir hidup benar sebagai apapun yang berbuahkan kedamaian dan kesejahteraan banyak orang. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang memiliki kekuatan batin yang berdaya guna bagi kebaikan umum.

Ah, kalau memiliki kekuasaan menjadi pemimpin ya pasti akan terjamin segalanya.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...