Wednesday, March 22, 2023

Tergoda?


Ketika diumumkan pada makan pagi Selasa 21 Maret 2023, tamu yang akan hari itu pada jam 09.30 ada 8 orang. Tetapi para tamu datang ketika jam hapir menujuk angka 10. Ketika sudah duduk-duduk salah satu dari para ibu sepuh itu bilang bahwa 4 orang lain sudah ditunggu lama tetapi tidak datang. Kebetulan Romo Diakon Arif, yang tinggal di Seminari Tinggi" ikut menemani ibu-ibu itu. Para romo yang menemui adalah Rm. Harto, Rm. Ria, Mgr. Blasius, Rm. Yadi, dan Rm. Bambang. Barangkali karena yang berjumpa adalah sama-sama lansia,  baik para tamu dan para romo, pertemuan itu malah sungguh membuat keceriaan. Apalagi 3 orang di antara mereka pernah berada dalam Lingkungan umat sama, suasana seperti jumpa teman lama. Omong-omong bisa menjadi cukup bebas dan spontan.

Di samping pertanyaan beberapa macam hal seperti umur dan pengalaman tempat-tempat berkarya, ternyata muncul pertanyaan yang bagi Rm. Bambang belum pernah terdengar dalam kunjungan para tamu. Pertanyaan itu kalau dirumuskan kembali berbunyi "Apakah sesudah menjadi lansia romo-romo juga mengalami godaan?" Ketika ini disampaikan oleh Rm. Bambang ke masing-masing romo, mereka tampak agak bingung. Kemudian Rm. Bambang bertanya kepada para tamu "Kuwi karepe godaan seka wong wedok ta?" (Bukankah yang Anda maksudkan adalah godaan dari perempuan, kan?). Ternyata ketika salah satu menjawab "Romo kan juga manusia" tertawalah para ibu. Apalagi ketika romo lain bilang "Ya ngono kuwi" (Ya seperti itu), para tamu juga terpingkal-pingkal. Mereka makin terpingkal-pingkal ketika Rm. Bambang berkata "Tapi terus mau apa? Kan sudah expired".

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...