Thursday, March 16, 2023

Rekoleksi Lansia



Sebelum pandemi Covid-19 Rm. Bambang memang lumayan banyak acara pendampingan pengembangan iman untuk kaum lansia. Kalau ditambah dengan permintaan-permintaan Misa ujub, sebelum pandemi dia memang banyak keluar rumah. Untuk pendampingan kaum lansia ada 2 program, yaitu Novena Seminar dan Jagongan Iman. Tentu saja masih ada permintaan yang biasanya dari paroki. Novena Domus terjadi sebulan sekali selama 9 bulan dalam setahun. Rm. Bambang harus mencari bantuan pembicaraan dari para ahli. Dia juga dibantu oleh para relawan dalam melayani peserta 300 orang ke atas untuk setiap penyelenggaraan. Sedang Jagongan Iman adalah pelayanan kepada beberapa kelompok peminta untuk penyegaran kembali ajaran-ajaran Gereja. Rm. Bambang dalam hal ini berpegang pada Katekismus Gereja Katolik. Kelompok-kelompok yang secara rutin minta pelayanan sebulan sekalih adalah Sleman, Murangan, Pringgolayan, Gondang, dan Soran.

Begitu masuk pandemi, semua kegiatan itu berhenti. Hingga tinggal di Domus Pacis Santo Petrus, Kentungan, Rm. Bambang hanya sekali mendampingi rekoleksi lansia di Paroki Pringgolayan. Meskipun demikian Rm. Bambang tetap memiliki perhatian pada pastoral kelansiaan. Blog Domus menjadi media untuk menayangkan artikel-artikel dan pikiran-pikiran berkaitan dengan kehidupan kelansiaan. Tentu saja pemikiran-pemikiran yang ditayangkan banyak dilandaskan pada reflesi hidupnya sendiri sebagai lansia tinggal di rumah tua. Tayangan tentang kelansiaan lewat media sosial (Blog, WA, FB, E-mail) banyak mewarnai status medsos yang dimiliki. Barangkali yang dilakukan lewat medsos juga mengenai kelompok lansia tertentu. Kalau tidak keliru pada hari-hari akhir Januari 2023 Rm. Hartanta, Direktur Domus Pacis Santo Petrus, memberi tahu Rm. Bambang bahwa Paroki Gamping memintanya untuk mendampingi rekoleksi umat lansia bertempat di Domus. Itu akan terjadi pada hari Sabtu pagi 18 Maret 2023. Kepastian datang ketika Rm. Bambang mendapatkan telpon dari Bu Asih pada Minggu 12 Maret 2023 jam 11.05. Lansia yang akan datang ada 50an. Tiba-tiba pada Rabu 15 Maret 2023 jam 12.57 Rm. Bambang mendapatkan telpon dari Rm. Ag. Sudarisman, Pastor Paroki Sumber. Beliau minta Rm. Bambang untuk memimpin rekoleksi untuk umat lansia ditutup dengan Misa besok pada Minggu 16 April 2023. 

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...