Sunday, March 12, 2023

Lamunan Pekan Prapaskah III

Senin, 13 Maret 2023

Lukas 4:24-30

24 Dan kata-Nya lagi: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya tidak ada nabi yang dihargai di tempat asalnya. 25 Dan Aku berkata kepadamu, dan kata-Ku ini benar: Pada zaman Elia terdapat banyak perempuan janda di Israel ketika langit tertutup selama tiga tahun dan enam bulan dan ketika bahaya kelaparan yang hebat menimpa seluruh negeri. 26 Tetapi Elia diutus bukan kepada salah seorang dari mereka, melainkan kepada seorang perempuan janda di Sarfat, di tanah Sidon. 27 Dan pkkkkkkada zaman nabi Elisa banyak orang kusta di Israel dan tidak ada seorangpun dari mereka yang ditahirkan, selain dari pada Naaman, orang Siria itu." 28 Mendengar itu sangat marahlah semua orang yang di rumah ibadat itu. 29 Mereka bangun, lalu menghalau Yesus ke luar kota dan membawa Dia ke tebing gunung, tempat kota itu terletak, untuk melemparkan Dia dari tebing itu. 30 Tetapi Ia berjalan lewat dari tengah-tengah mereka, lalu pergi.

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, orang yang masyhur di kalangan luas akan menjadi kebanggaan kalangan dekatnya. Orang-orang sekampung bisa ikut memuja.
  • Tampaknya, orang yang murah hati akan disukai di manapun. Orang-orang se lingkungan hidup akan dapat mengharap bantuan-bantuannya.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, sekalipun kemurahatian dan kepedulian dapat membuat gembira banyak orang bahkan menjadi pujaan, tetapi orang tertib dan tak mau diperas oleh orang-orang serakah dapat mengalami risiko penentangan dan kebencian. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sadar bahwa kewibawaan hidup tetap terjaga sekalipun kemurahatian dan besarnya kepedulian mendapatkan reaksi buruk dari kaum serakah.  

Ah, daripada menderita konflik ikuti saja arus umum.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...