Thursday, March 9, 2023

Sebuah Perkembangan

Sebenarnya pada mulanya acara kebersamaan romo Domus Pacis St. Petrus mulai 1 Juni 2021 meneruskan kebiasaan yang terjadi di Dbersamaanomus Pacis Puren, Pringwulung. Kebersamaan terjadi dalam makan bersama dan Misa serumah. Hal ini terjadi hingga kini. Paling tidak hingga tahun 2022 selalu dikatakan bahwa jadual kebersamaan : jam 07.00 makan pagi, jam 12.00 makan siang, jam 18.00 Misa diteruskan makan malam. Akan tetapi di Domus Pacis Santo Petrus, pelaksanaan biasa maju. Semuanya terjadi karena para romo biasa datang di tempat sebelumnya ketentuan jam sesuai jadual. Makan dan Misa secara pelan-pelan dimulai lebih awal dan makin awal. Kemudian mulai tahun 2023 menjadi kepastian bahwa jadual acara bersama maju 30 menit. 


Dalam kepemimpinan Rm. Hartanta sebagai direktur Domus Pacis Santo Petrus, cara-acara bersama makin berkembang dan tertata. Perayaan-perayaan ulang tahbisan imamat para romo tetap terjadi dan selalu ada dukungan umat. Liturgi Misa berkembang sehingga ada buku pegangan Tata Pengucapan Doa Syukur secara bergantian di antara para romo. Selain ulang tahun rumah, Misa Pekan Suci termasuk Misa Pembaharuan Janji Imamat juga terjadi bagus. Selama Mei dan Oktober setiap Jumat ada Doa Rosario bersama. Dalam Masa Prapaskah setiap Jumat juga ada Doa Jalan Salib. Tambahan-tambahan itu membuat semua sudah siaga sebelum jam 17.00 karena pada jam ini acara dimulai. Bahkan mulai tanggal 6 Maret 2023 ada romo dari Seminari Tinggi Santo Paulus, Kentungan, memimpin Misa Domus. Ini terjadi pada setiap hari Senin. Sehingga mulai Senin 6 Maret 2023 Pemimpin Misa termasuk Pembaca Injil dan Homili adalah romo dari Seminari. Yang hadir pertama kali memimpin Misa adalah Rm. Dwi Aryanto, Rektor Seminari Kentungan.

No comments:

Post a Comment

Jadi Asisten Menerima Tamu

Minggu 14 Juli 2024. Mbak Pariyah, salah satu karyawan Domus, masuk kamar Rm. Bambang yang baru menghadapi laptop. " Ngga, rama, direnc...