Friday, May 27, 2022

Lamunan Pekan Paskah VI

Sabtu, 28 Mei 2022

Yohanes 16:23b-28

23b Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku. 24 Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatupun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu.

26 Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa, 27 sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah. 28 Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; Aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, orang yang yakin akan kemahabaikan Tuhan percaya akan mahaperhatian-Nya. Tuhan selalu memperhatikan kebutuhan-kebutuhannya.
  • Tampaknya, orang yang yakin akan kemahabaikan Tuhan percaya bahwa Dia akan memberikan yang dirindukan tanpa diminta. Orang akan menjaga diri untuk tidak memohon sesuatu untuk menjaga keyakinan akan kemahabaikan Tuhan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun sadar bahwa Tuhan begitu peduli akan memberikan segala yang terbaik untuk dirinya, orang tetap juga sering mengajukan permohonan kepada-Nya sebagai salah satu ungkapan hubungan mesranya dengan-Nya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang bisa omong macam-macam termasuk meminta sesuatu di dalam doa sebagai ungkapan hubungan kasihnya dengan Tuhan.

Ah, Tuhan itu begitu peduli pada kita dan memberikan segala kebutuhan kita tanpa kita minta.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...