Thursday, June 27, 2024

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Ireneus, Uskup dan Martir

Jumat, 28 Juni 2024

Matius 8:1-4

1 Setelah Yesus turun dari bukit, orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia. 2 Maka datanglah seorang yang sakit kusta kepada-Nya, lalu sujud menyembah Dia dan berkata: "Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku." 3 Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata: "Aku mau, jadilah engkau tahir." Seketika itu juga tahirlah orang itu dari pada kustanya. 4 Lalu Yesus berkata kepadanya: "Ingatlah, jangan engkau memberitahukan hal ini kepada siapapun, tetapi pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam dan persembahkanlah persembahan yang diperintahkan Musa, sebagai bukti bagi mereka."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, orang memang harus hati-hati terhadap sosok yang mendapat cap buruk. Apalagi kalau cap itu sudah diketahui umum, orang memang harus sangat waspada.
  • Tampaknya, wajarlah kalau orang tak akan berdekatan dengan sosok yang disingkiri umum. Kalau didatangi tokoh itu, orang dapat menghindar dan menyingkir.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul mesra dengan kedalaman batin, sekalipun berhadapan dengan sosok yang mendapatkan cap yang membuatnya disingkiri umum, orang tetap akan terbuka untuk menghadirkan bantuan yang amat dibutuhkan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan terbuka menerima berbaikan dengan yang papa dan menderita apalagi sampai tersingkir. 

Ah, kalau berbaikan dengan yang disingkiri umum orang bisa ikut tersingkir.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...