Friday, June 28, 2024

Lamunan Hari Raya

Santo Petrus dan Santo Paulus, Rasul

Sabtu, 29 Juni 2024

Matius 16:13-19

13 Setelah Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya: "Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?" 14 Jawab mereka: "Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia dan ada pula yang mengatakan: Yeremia atau salah seorang dari para nabi." 15 Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?" 16 Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!" 17 Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga. 18 Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. 19 Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, kalau beriman orang percaya akan Tuhan. Tuhan diyakini sebagai Pencipta langit dan bumi.
  • Tampaknya, kalau beriman orang percaya bahwa Tuhan menyelenggarakan segalanya. Tuhan berkuasa atas dunia dan keabadian.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun di bawah kemahakuasaan Tuhan, orang yang sungguh beriman akan disertakan dalam urusan ilahi dalam pengembangan kebaikan dunia yang berbuahkan sorga. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sadar bahwa Tuhan menetapkan kesejatian manusia sebagai teman kerja-Nya.   

Ah, bagaimanapun juga yang namanya manusia hanya akan ditentukan segalanya oleh Tuhan.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...