Thursday, June 20, 2024

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Aloysius Gonzaga, Biarawan

Jumat, 21 Juni 2024

Matius 6:19-23

19 "Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. 20 Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. 21 Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada. 22 Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; 23 jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, orang memang membutuhkan harta untuk memenuhi kebutuhan hidup di tengah dunia. Kalau banyak uang, itu bisa disimpan di bank.
  • Tampaknya, orang bekerja untuk mencari hasil syukur kekayaan. Kalau punya barang berlebih, itu bisa disimpan di gudang.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun ada banyak uang dan barang duniawi, yang duniawi itu akan bermakna sorgawi kalau mencari dan mengelolanya dilandasi kebersihan relung hati. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang mendapatkan alas sorgawi dalam urusan duniawi apapun. 

Ah, kekayaan duniawi itu penting untuk meraih status kehormatan.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...