Sunday, June 16, 2024

Lamunan Pekan Biasa XI

Senin, 17 Juni 2024

Matius 5:38-42

38 Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi. 39 Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu. 40 Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu. 41 Dan siapapun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil. 42 Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu.

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, berhadapan dengan orang yang tidak menyenangkan seseorang bisa mengalami ketidaktenangan. Ada kecenderungan untuk mengata-katai atau mengecam perbuatannya.
  • Tampaknya, berhadapan dengan yang menjahatinya seseorang bisa melawan bahkan membuatnya menderita. Paling tidak dia akan menyingkir dan memutus hubungan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun jengkel dan ada dorongan untuk membenci bahkan membalas, orang yang sungguh beriman akan tetap terbuka untuk membantu kebutuhan yang menjahatinya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sadar bahwa dorongan hidup saling dendam dan membalas perbuatan jahat bukan hakikat kemanusiaan.

Ah, kalau diperlakukan jahat ya lawan saja.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...