Thursday, June 13, 2024

Lamunan Pekan Biasa X

Jumat, 14 Juni 2024

Matius 5:27-32

27 Kamu telah mendengar firman: Jangan berzinah. 28 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya. 29 Maka jika matamu yang kanan menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa, dari pada tubuhmu dengan utuh dicampakkan ke dalam neraka. 30 Dan jika tanganmu yang kanan menyesatkan engkau, penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa dari pada tubuhmu dengan utuh masuk neraka. 31 Telah difirmankan juga: Siapa yang menceraikan isterinya harus memberi surat cerai kepadanya. 32 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang menceraikan isterinya kecuali karena zinah, ia menjadikan isterinya berzinah; dan siapa yang kawin dengan perempuan yang diceraikan, ia berbuat zinah.

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, neraka juga menjadi sangat yang diperhatikan oleh agama. Orang beragama akan berjuang menghindari neraka.
  • Tampaknya, orang bisa yakin bahwa agama adalah perisai orang melawan neraka. Dengan mematuhi agama orang terhindar dari keganasan abadi siksa neraka.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun perbuatan hariannya bisa dijelaskan dengan kata-kata mulia agama, perbuatan agama dapat menyeret ke api neraka kalau hanya jadi selubung nafsu jahat. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menjalani agama berlandaskan olah hati menghindari kesesatan.  

Ah, asal jalani doa dan berderma orang terhindar dari api neraka.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...