Sunday, April 28, 2024

Lamunan Peringatan Wajib

Santa Katarina dfari Siena, Perawan dan Pujangga Gereja

Senin, 29 April 2024

Yohanes 14:21-26

21 Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Akupun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya." 22 Yudas, yang bukan Iskariot, berkata kepada-Nya: "Tuhan, apakah sebabnya maka Engkau hendak menyatakan diri-Mu kepada kami, dan bukan kepada dunia?" 23 Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia. 24 Barangsiapa tidak mengasihi Aku, ia tidak menuruti firman-Ku; dan firman yang kamu dengar itu bukanlah dari pada-Ku, melainkan dari Bapa yang mengutus Aku. 25 Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu; 26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. 

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, umat beragama menghayati agamanya berdasarkan rumusan syahadat yang ada. Di dalam agama Kristiani ada teks yang umat diharapkan menghafalnya.
  • Tampaknya, umat tahu bahwa syahadat itu berisi ajaran-ajaran dasar agama. Ada cukup orang yang disiapkan bahkan dengan buku-buku pegangan untuk mendalami dan mempelajari.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun ada ahli-ahli ilmu keagamaan yang dapat menjelaskan sampai detail-detail ajaran agama, sejatinya pengajar dan pengingat serta peneguh utama prinsip-prinsip iman adalah Roh yang bersemayam dalam relung hati seseorang. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang beragama akan selalu berada dalam prinsip-prinsip iman karena cahaya nurani.

Ah, yang mampu menjelaskan agama dengan bertanggungjawab adalah para teolog atau ahli ketuhanan.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...