Friday, April 12, 2024

Lamunan Pekan Paskah II

Sabtu, 13 April 2024

Yohanes 6:16-21

16 Dan ketika hari sudah mulai malam, murid-murid Yesus pergi ke danau, lalu naik ke perahu 17 dan menyeberang ke Kapernaum. Ketika hari sudah gelap Yesus belum juga datang mendapatkan mereka, 18 sedang laut bergelora karena angin kencang. 19 Sesudah mereka mendayung kira-kira dua tiga mil jauhnya, mereka melihat Yesus berjalan di atas air mendekati perahu itu. Maka ketakutanlah mereka. 20 Tetapi Ia berkata kepada mereka: “Aku ini, jangan takut!” 21 Mereka mau menaikkan Dia ke dalam perahu, dan seketika juga perahu itu sampai ke pantai yang mereka tujui.

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, pada umumnya orang sadar bahwa rasa takut ada pada semua orang. Ketakutan muncul kalau orang menghadapi masalah yang sulit ditangani.
  • Tampaknya, berhadapan dengan masalah besar seseorang bisa pergi ke orang lain untuk minta bantuan. Bisa jadi kalau masalah sudah teratasi orang masih bisa takut jangan-jangan masalah datang lagi.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun setiap orang mengalami masalah-masalah di luar kekuatannya, orang akan tetap tenang menanggapinya karena mengandalkan tuntunan suara yang ada dalam relung hati. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan memiliki keberanian berhadapan dengan masalah apapun sebagai buah dari hidup mengandalkan Tuhan. 

Ah, berhadapan dengan masalah besar ya hindari saja ganti haluan hidup.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...