Friday, May 28, 2021

Lamunan Pekan Biasa VIII

Sabtu, 29 Mei 2021

Markus 11:27-33

27 Lalu Yesus dan murid-murid-Nya tiba pula di Yerusalem. Ketika Yesus berjalan di halaman Bait Allah, datanglah kepada-Nya imam-imam kepala, ahli-ahli Taurat dan tua-tua, 28 dan bertanya kepada-Nya: "Dengan kuasa manakah Engkau melakukan hal-hal itu? Dan siapakah yang memberikan kuasa itu kepada-Mu, sehingga Engkau melakukan hal-hal itu?" 29 Jawab Yesus kepada mereka: "Aku akan mengajukan satu pertanyaan kepadamu. Berikanlah Aku jawabnya, maka Aku akan mengatakan kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu. 30 Baptisan Yohanes itu, dari sorga atau dari manusia? Berikanlah Aku jawabnya!" 31 Mereka memperbincangkannya di antara mereka, dan berkata: "Jikalau kita katakan: Dari sorga, Ia akan berkata: Kalau begitu, mengapakah kamu tidak percaya kepadanya? 32 Tetapi, masakan kita katakan: Dari manusia!" Sebab mereka takut kepada orang banyak, karena semua orang menganggap bahwa Yohanes betul-betul seorang nabi. 33 Lalu mereka menjawab Yesus: "Kami tidak tahu." Maka kata Yesus kepada mereka: "Jika demikian, Aku juga tidak mengatakan kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, kehidupan masyarakat memang tersusun secara struktural. Di dalamnya ada jenjang-jenjang kekuasaan bagi seorang tokoh dan atau pejabat.
  • Tampaknya, dalam agama juga ada jenjang kedudukan yang menghadirkan kekuasaan. Tak sembarang orang dapat mengadakan gerakan-gerakan di dalamnya tanpa diakui kewenangannya.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun dalam masyarakat dan agama ada jenjang kuasa dan kewenangan, terhadap tindakan seseorang demi kebaikan dan kemaslahatan umum, di situ tak ada tempat bicara tentang kekuasaan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan sadar bahwa kalau dalam hidup terlalu memikir kuasa dan kewenangan dia akan jauh dari hidup demi kebaikan umum.

Ah, kalau mau bertindak melibatkan banyak orang, seseorang harus memiliki posisi atau jabatan lebih dahulu.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...