Friday, May 14, 2021

Lamunan Paskah Pekan VI

 Sabtu, 15 Mei 2021

Yohanes 16:23b-28

 

23 Dan pada hari itu kamu tidak akan menanyakan apa-apa kepada-Ku. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku. 24 Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatupun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu. 25 Semuanya ini Kukatakan kepadamu dengan kiasan. Akan tiba saatnya Aku tidak lagi berkata-kata kepadamu dengan kiasan, tetapi terus terang memberitakan Bapa kepadamu. 26 Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa, 27 sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah. 28 Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; Aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa."


Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, kalau berbicara tentang asal-usul, orang bisa berbicara tentang keturunan keluarga. Pembicaraan bisa masuk ke keluarga besar hingga menelusuri garis-garis silsilah sampai sosok yang dianggap paling utama.
  • Tampaknya, kalau berbicara tentang asal-usul, orang juga bisa berbicara tempat kelahiran. Pembicaraan bisa masuk ke sejarah perkembangan daerah hingga tokoh pertama yang membangunnnya.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun orang bisa omong keluarga dan daerah asal, kalau bicara tentang asal-usul dengan terang nurani orang akan menyadari bahwa Tuhanlah awal dan tujuan dari perjalanan hidup manusia. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan yakin bahwa Tuhan adalah Bapa dari semua orang apapun golongannya sebagai Sangkan Paraning (asal-usul dan arah perjalanan) hidup di dunia.

Ah, yang normal soal asal-usul adalah soal anak siapa dan lahir dimana.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...