Thursday, December 15, 2022

Lamunan Pekan Adven III

Jumat, 16 Desember 2022

Yohanes 5:33-36

33 Kamu telah mengirim utusan kepada Yohanes dan ia telah bersaksi tentang kebenaran; 34 tetapi Aku tidak memerlukan kesaksian dari manusia, namun Aku mengatakan hal ini, supaya kamu diselamatkan. 35 Ia adalah pelita yang menyala dan yang bercahaya dan kamu hanya mau menikmati seketika saja cahayanya itu. 36 Tetapi Aku mempunyai suatu kesaksian yang lebih penting dari pada kesaksian Yohanes, yaitu segala pekerjaan yang diserahkan Bapa kepada-Ku, supaya Aku melaksanakannya. Pekerjaan itu juga yang Kukerjakan sekarang, dan itulah yang memberi kesaksian tentang Aku, bahwa Bapa yang mengutus Aku. 

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, kalau diragukan orang dapat berusaha mencari pembenaran. Dia berjuang mencari bukti-bukti untuk menunjukkan dirinya benar.
  • Tampaknya, untuk memperkuat kebenarannya orang akan mencari orang lain sebagai saksi. Di dalam pengadilan orang mengajukan lebih dari seorang untuk menjadi saksi.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun kehadiran orang lain dapat menjadi saksi kuat untuk mempertanggungjawabkan kebenaran seseorang, tak ada kesaksian yang melebihi kekuatan tindakan orang itu sendiri yang berlandaskan perintah relung hati. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan selalu berjuang bicara dan bertindak dalam kerangka wibawa nurani sehingga amat sulit dibantah kebenarannya.

Ah, benar atau salah dalam omongan dan tindakan seseorang tergantung pada arus mode dalam masyarakat.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...