Tuesday, April 27, 2021

Lamunan Paskah Pekan IV

Rabu, 28 April 2021

Yohanes 12:44-50

44 Tetapi Yesus berseru kata-Nya: "Barangsiapa percaya kepada-Ku, ia bukan percaya kepada-Ku, tetapi kepada Dia, yang telah mengutus Aku; 45 dan barangsiapa melihat Aku, ia melihat Dia, yang telah mengutus Aku. 46 Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepada-Ku, jangan tinggal di dalam kegelapan. 47 Dan jikalau seorang mendengar perkataan-Ku, tetapi tidak melakukannya, Aku tidak menjadi hakimnya, sebab Aku datang bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya. 48 Barangsiapa menolak Aku, dan tidak menerima perkataan-Ku, ia sudah ada hakimnya, yaitu firman yang telah Kukatakan, itulah yang akan menjadi hakimnya pada akhir zaman. 49 Sebab Aku berkata-kata bukan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang mengutus Aku, Dialah yang memerintahkan Aku untuk mengatakan apa yang harus Aku katakan dan Aku sampaikan. 50 Dan Aku tahu, bahwa perintah-Nya itu adalah hidup yang kekal. Jadi apa yang Aku katakan, Aku menyampaikannya sebagaimana yang difirmankan oleh Bapa kepada-Ku."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, orang baik akan berjuang untuk hidup benar dan mulia. Dengan baik, benar, dan mulia orang akan memiliki harga diri.
  • Tampaknya, dengan menjadi baik, benar, dan mulia, orang akan mudah diterima oleh banyak orang. Banyak orang akan mempercayainya.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, meskipun yang dihadapi hanya manusia biasa, dalam diri orang baik banyak orang mempunyai jalan untuk bersekutu dengan Tuhan karena dalam dirinya ada tugas perutusan dari-Nya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menyadari bahwa identitas utama dari orang beriman adalah menjadi duta sorgawi.

Ah, kalau sungguh baik orang akan banyak dipakai jasanya sehingga makin besarlah penghasilannya.

No comments:

Post a Comment

Jadi Katekumen Masuk Sorga Minggu 5

    "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Ker...