Wednesday, April 28, 2021

Lamunan Peringatan Wajib

Santa Katarina dari Siena

Kamis, 29 April 2021

Yohanes 13:16-20

16 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya, ataupun seorang utusan dari pada dia yang mengutusnya.  Jikalau kamu tahu semua ini, maka berbahagialah kamu, jika kamu melakukannya. 18. Bukan tentang kamu semua Aku berkata. Aku tahu, siapa yang telah Kupilih. Tetapi haruslah genap nas ini: Orang yang makan roti-Ku, telah mengangkat tumitnya terhadap Aku. 19 Aku mengatakannya kepadamu sekarang juga sebelum hal itu terjadi, supaya jika hal itu terjadi, kamu percaya, bahwa Akulah Dia. 20 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa menerima orang yang Kuutus, ia menerima Aku, dan barangsiapa menerima Aku, ia menerima Dia yang mengutus Aku."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, orang dapat memiliki gambaran bahwa kebersamaan membuat orang-orang yang terlibat menjadi akrab satu sama lain. Mereka menjalin hubungan persaudaraan dan persahabatan.
  • Tampaknya, di dalam kebersamaan orang akan mengalami kepedulian satu sama lain. Kalau ada ancaman terhadap salah satu anggota, yang lain akan melindungi dan membela.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun dalam kebersamaan ada persaudaraan dan persahabatan, tetapi ada anggota yang sering tidak jujur, orang akan tetap terbuka bersahabat tetapi juga siaga mengalami pengkhianatan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang tidak akan membenci orang dekat, yang materialistis dan mata duitan bahkan sering tidak jujur, tetapi juga akan tetap memiliki antisipasi pengkhianatan pada suatu saat.

Ah, asal akrab pasti mau saling berkorban.

No comments:

Post a Comment

Jadi Katekumen Masuk Sorga Minggu 5

    "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Ker...