Thursday, September 28, 2023

Lamunan Pesta

Santo Mikael, Gabriel, Rafael, Malaikat Agung

Jumat, 29 September 2023

Yohanes 1:47-51

47 Kata Filipus kepadanya: "Mari dan lihatlah!" Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: "Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!" 48 Kata Natanael kepada-Nya: "Bagaimana Engkau mengenal aku?" Jawab Yesus kepadanya: "Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara." 49 Kata Natanael kepada-Nya: "Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!" 50 Yesus menjawab, kata-Nya: "Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu." 51 Lalu kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, orang beragama dapat merasa beriman terhadap Tuhan karena yakin hanya Dialah yang ilahi. Tak ada yang gaib selain Tuhan.
  • Tampaknya, orang beragama dapat menjauhkan diri dari keyakinan selain Tuhan. Segala kekuatan yang beraura gaib disebut takhyul.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun Tuhan adalah sumber adanya realitas ciptaan di dalam dunia, Tuhan juga merupakan sumber dari daya-daya ilahi yang bisa jadi penghubung alam duniawi dan surgawi. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang juga yakin akan penjagaan dan pelindungan Tuhan dalam daya-daya sambung surgawi yang disebut malaikat. 

Ah, masakan jaman kini masih omong tentang malaikat.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...