Monday, September 25, 2023

Lamunan Pekan Biasa XXV

Selasa, 26 September 2023

Lukas 8:19-21

19 Ibu dan saudara-saudara Yesus datang kepada-Nya, tetapi mereka tidak dapat mencapai Dia karena orang banyak. 20 Orang memberitahukan kepada-Nya: "Ibu-Mu dan saudara-saudara-Mu ada di luar dan ingin bertemu dengan Engkau." 21 Tetapi Ia menjawab mereka: "Ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku ialah mereka, yang mendengarkan firman Allah dan melakukannya."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, sekalipun sedarah orang dapat mengalami konflik dengan saudaranya sendiri. Anak dengan orang tua juga dapat terjadi permusuhan.
  • Tampaknya, ketidakbaikan hubungan dengan keluarga sedarah bahkan serumah sungguh bisa membuat orang frustrasi. Perilaku brocken home juga dapat terjadi.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun konflik dengan kakak adik atau orang tua dapat menimbulkan frustrasi, hal itu justru menjadi kesadaran batin bahwa kesejatian keluarga adalah hubungan satu sama lain yang terjalin oleh kesamaan hidup setia dan menjalani tuntunan relung hati. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati dengan siapapun yang berbakti pada nurani orang akan bersaudara dan menemukan orang tua dan anak.

Ah, yang namanya keluarga itu ya yang masuk dalam pohon silsilah.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...