Tuesday, September 19, 2023

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Andreas Kim Taegon, Imam dan Paulus Chong Hasang, dan kawan-kawan Martir

Rabu, 20 September 2023

Lukas 7:31-35

31 Kata Yesus: "Dengan apakah akan Kuumpamakan orang-orang dari angkatan ini dan dengan apakah mereka itu sama? 32 Mereka itu seumpama anak-anak yang duduk di pasar dan yang saling menyerukan: Kami meniup seruling bagimu, tetapi kamu tidak menari, kami menyanyikan kidung duka, tetapi kamu tidak menangis. 33 Karena Yohanes Pembaptis datang, ia tidak makan roti dan tidak minum anggur, dan kamu berkata: Ia kerasukan setan. 34 Kemudian Anak Manusia datang, Ia makan dan minum, dan kamu berkata: Lihatlah, Ia seorang pelahap dan peminum, sahabat pemungut cukai dan orang berdosa. 35 Tetapi hikmat dibenarkan oleh semua orang yang menerimanya."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, ada gambaran yang disebut salah itu yang perilakunya bertentangan dengan tatanan umum. Orang bertindak menjalani yang dilarang.
  • Tampaknya, ada gambaran yang disebut salah itu yang perilakunya dinilai buruk oleh kebanyakan orang. Orang bertindak bertentangan dengan arus umum.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun sudah bertindak sejalan dengan tatanan dan arus umum, sejatinya orang dapat salah bahkan jadi jahat kalau memiliki sikap kebenaran hanya ada pada diri atau kelompoknya sehingga menilai buruk apapun yang dilakukan oleh orang lain. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sadar bahwa kesalahan dan kejahatan sejati mengalir dari sikap yang selalu menyalahkan apapun yangh dilakukan oleh orang lain. 

Ah, yang hebat itu kalau teguh berpegang pada pendapat pribadi.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...