Sunday, September 24, 2023

Lamunan Pekan Biasa XXV

Senin, 25 September 2023

Lukas 8:16-18

16 "Tidak ada orang yang menyalakan pelita lalu menutupinya dengan tempayan atau menempatkannya di bawah tempat tidur, tetapi ia menempatkannya di atas kaki dian, supaya semua orang yang masuk ke dalam rumah dapat melihat cahayanya. 17 Sebab tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dinyatakan, dan tidak ada sesuatu yang rahasia yang tidak akan diketahui dan diumumkan. 18 Karena itu, perhatikanlah cara kamu mendengar. Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, tetapi siapa yang tidak mempunyai, dari padanya akan diambil, juga apa yang ia anggap ada padanya."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, ada yang bilang bahwa orang harus mampu mengupayakan kebahagiaannya sendiri. Orang dituntut untuk mampu mandiri.
  • Tampaknya, ada yang menggambarkan bahwa kebahagiaan hasil upaya sendiri sungguh amat memuaskan. Yang namanya bantuan dapat membuat orang tak percaya diri.
  • TetapI BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun kemampuan mengupayakan apapun dengan mandiri akan memberi kepuasan, bagaimanapun juga sifat sosial manusia menuntut orang untuk mengamalkan semangat saling cinta dengan saling menerima sharing kebaikan satu sama lain. Dalam yang Iahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sadar bahwa semua kepemilikan pribadi selalu mengandung sifat sosial. 

Ah, jaman kini orang harus mandiri dalam mencari kesejahteraan.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...