Thursday, September 21, 2023

Lamunan Pekan BIasa XXIV

Jumat, 22 September 2023

Lukas 8:1-3

1 Tidak lama sesudah itu Yesus berjalan berkeliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa memberitakan Injil Kerajaan Allah. Kedua belas murid-Nya bersama-sama dengan Dia, 2 dan juga beberapa orang perempuan yang telah disembuhkan dari roh-roh jahat atau berbagai penyakit, yaitu Maria yang disebut Magdalena, yang telah dibebaskan dari tujuh roh jahat, 3 Yohana isteri Khuza bendahara Herodes, Susana dan banyak perempuan lain. Perempuan-perempuan ini melayani rombongan itu dengan kekayaan mereka.

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, pada zaman kini segalanya diperhitungkan dengan uang. Keberadaan barang dan jasa juga dihitung dengan uang agar jelas pertanggungjawabannya.
  • Tampaknya, di dalam hidup beragama pun tata akutansi juga mewarnai. Hal ini untuk alat pertanggungjawaban keuangan yang ada dalam kehidupan beragama.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul dekat dengan kedalaman batin. sekalipun tata keuangan dengan sistem akutansi dibutuhkan untuk pertanggungjawaban secara transparan, ada bentuk-bentuk keterlibatan pribadi yang dilandasi oleh sikap sukarela yang mengalirkan tanggungjawab pribadi. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati ada keterlibatan dalam hidup bersama sebagai iniatif pribadi karena dorongan nurani sehingga tak memerlukan pertanggungjawaban organisatoris.

Ah, dalam tata keuangan agama juga butuh diorganisasi agar tak ada penyelewengan.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...