Friday, September 29, 2023

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Hieronimus, Imam dan Pujangga Gereja

Sabtu, 30 September 2023

Lukas 9:43b-45

43b Ketika semua orang itu masih heran karena segala yang diperbuat-Nya itu, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: 44 "Dengarlah dan camkanlah segala perkataan-Ku ini: Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia." 45 Mereka tidak mengerti perkataan itu, sebab artinya tersembunyi bagi mereka, sehingga mereka tidak dapat memahaminya. Dan mereka tidak berani menanyakan arti perkataan itu kepada-Nya.

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, seorang tokoh dapat menikmati kekaguman dari banyak orang. Makin banyak pengagumnya dia dapat makin memiliki kekuatan sosial.
  • Tampaknya, seorang tokoh yang punya banyak pengagum bisa ikut bersaing dengan tokoh-tokoh lain untuk meraih kekuasaan di tengah masyarakat. Makin besar jumlah pendukung makin amanlah kekuatan tokoh untuk meraih kemenangan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun mayoritas warga masyarakat menjadi pengagum dan pendukung ketokohan seseorang, dia akan menyadari susah derita yang terjadi karena ulah pembencinya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sadar bahwa jer basuki mawa beya (kebahagiaan itu selalu melalui penderitaan).

Ah, kalau jadi tokoh hidupnya pasti aman karena dilindungi oleh banyak orang.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...