Tuesday, September 26, 2023

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Vinsensius de Paul, Imam

Rabu, 27 September 2023

Lukas 9:1-6

1 Maka Yesus memanggil kedua belas murid-Nya, lalu memberikan tenaga dan kuasa kepada mereka untuk menguasai setan-setan dan untuk menyembuhkan penyakit-penyakit. 2 Dan Ia mengutus mereka untuk memberitakan Kerajaan Allah dan untuk menyembuhkan orang, 3 kata-Nya kepada mereka: "Jangan membawa apa-apa dalam perjalanan, jangan membawa tongkat atau bekal, roti atau uang, atau dua helai baju. 4 Dan apabila kamu sudah diterima dalam suatu rumah, tinggallah di situ sampai kamu berangkat dari situ. 5 Dan kalau ada orang yang tidak mau menerima kamu, keluarlah dari kota mereka dan kebaskanlah debunya dari kakimu sebagai peringatan terhadap mereka." 6 Lalu pergilah mereka dan mereka mengelilingi segala desa sambil memberitakan Injil dan menyembuhkan orang sakit di segala tempat.

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, bisa saja seorang tokoh membentuk kelompok gerakan sosial. Kalau tak dapat membentuk sendiri, seorang tokoh bisa bergabung pada kelompok atau organisasi sosial untuk ikut berjuang.
  • Tampaknya, bisa saja dengan gerakan sosial seorang tokoh berjuang meraih kedudukan tinggi dalam masyarakat. Kalau ikut yang sudah ada tokoh besarnya, seorang tokoh dapat mengharapkan posisi yang juga terhormat.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa gergaul akrab dengan kedalaman batin, sekalipun dengan kelompok atau organisasi sosial orang punya kendaraan untuk meraih kedudukan tinggi dalam masyarakat, seorang tokoh sejati akan memperkuat anggota tim pendukung untuk berjuang menghadirkan damai sejahtera demi kebaikan umum. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati seorang tokoh sejati akan menghayati hidup yang hatinya penuh terisi oleh keprihatinan akan kebaikan banyak orang.

Ah, kalau sudah jadi tokoh orang bisa meraih kedudukan tinggi dengan dukungan banyak orang.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...