Wednesday, September 27, 2023

Lamunan Pekan Biasa XXV

Kamis, 28 September 2023

Lukas 9:7-9

7 Herodes, raja wilayah, mendengar segala yang terjadi itu dan iapun merasa cemas, sebab ada orang yang mengatakan, bahwa Yohanes telah bangkit dari antara orang mati. 8 Ada lagi yang mengatakan, bahwa Elia telah muncul kembali, dan ada pula yang mengatakan, bahwa seorang dari nabi-nabi dahulu telah bangkit. 9 Tetapi Herodes berkata: "Yohanes telah kupenggal kepalanya. Siapa gerangan Dia ini, yang kabarnya melakukan hal-hal demikian?" Lalu ia berusaha supaya dapat bertemu dengan Yesus.

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, sebuah gerakan perjuangan kebaikan tak akan surut sekalipun pendirinya sudah wafat. Sekalipun dilawan oleh penguasa, gerakan tak akan terhenti.
  • Tampaknya, munculnya tokoh baru dengan slogan mirip bisa membuat pembicaraan riuh di tengah masyarakat. Penguasa yang anti dapat mengalami penuh kekuatiran.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul dekat dengan kedalaman batin, sekalipun gerakan-Nya dengan slogan mirip Yohanes Pembaptis, sepak terjang Yesus membuat banyak spekulasi muncul mengaitkan dengan gerakan-gerakan tempo dulu. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati situasi seperti itu bisa membuat penguasa juga gerah.     

Ah, kalau punya pengaruh besar dalam masyarakat orang akan dapat ikut merebut kekuasaan.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...