Friday, September 8, 2023

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Petrus Klaver, Imam

Sabtu, 9 September 2023

Lukas 6:1-5

1 Pada suatu hari Sabat, ketika Yesus berjalan di ladang gandum, murid-murid-Nya memetik bulir gandum dan memakannya, sementara mereka menggisarnya dengan tangannya. 2 Tetapi beberapa orang Farisi berkata: "Mengapa kamu berbuat sesuatu yang tidak diperbolehkan pada hari Sabat?" 3 Lalu Yesus menjawab mereka: "Tidakkah kamu baca apa yang dilakukan oleh Daud, ketika ia dan mereka yang mengikutinya lapar, 4 bagaimana ia masuk ke dalam Rumah Allah dan mengambil roti sajian, lalu memakannya dan memberikannya kepada pengikut-pengikutnya, padahal roti itu tidak boleh dimakan kecuali oleh imam-imam?" 5 Kata Yesus lagi kepada mereka: "Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat."

Butir-butir Permenungan

  • Katanya, ajaran agama itu menjamin kebenaran beriman. Orang yang mau sungguh beriman harus menerima saja dan tak boleh mengotak-atiknya.
  • Katanya, hukum agama itu menjamin kebenaran orang berperilaku iman. Yang tak taat bisa dicap tak setia pada Tuhan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun ajaran dan hukum agama harus dipegang teguh bagi kaum beriman, bagaimanapun juga situasi kondisi kongkret orang sebagai penghayat menjadi pertimbangan utama dalam pelaksanaan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati keberadaan agama adalah untuk kebaikan manusia dan bukan sebaliknya manusia menjadi alat agama. 

Ah, yang tak jalani hidup persis aturan agama jelas tak beriman.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...