Wednesday, September 13, 2023

Lamunan Pesta

Salib Suci

Kamis, 14 September 2023

Yohanes 3:13-17


13
Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia. 14 Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan, 15 supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal. 16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. 17 Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia. 

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, untuk mengalami hidup selamat orang harus memperhatikan tatanan hidup bersama. Dengan taat hukum orang tak akan celaka.
  • Tampaknya, untuk mengalami kebahagiaan orang harus berjuang mencari, mendekat, dan menempel Tuhan. Tuhan ada dalam suasana hidup tanpa derita susah payah.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun taat hukum dan yakin dengan mencari dan mendekat Tuhan orang tak akan mengalami derita, damai sejahtera sejati justru datang dari keterbukaan pada hadirat Tuhan yang masuk dalam pengalaman juang derita manusia. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang menyadari bahwa terbuka pada anugrah hadirat Tuhan adalah keterbukaan pada susah derita menjalani tanggungjawab hidup sebagai pintu kebahagiaan lahir batin bersama. 

Ah, bagaimanapun juga kalau bisa duduk-duduk saja dan segalanya tercukupi, itulah bahagia.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...